Label

Jumat, 21 Januari 2011

Pengertian Analisis Pekerjaan


Analisis dan desain jabatan merupakan kegiatan awal dalam manajemen sumberdaya manusia, untuk mengeksplorasi secara sistematis dan menentukan secara tepat sejumlah kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai suatu target strategik dalam binis. Dalam hal ini harus dirumuskan jenis pekerjaan, standar pencapaian kerja, kekhususan wewenang, tanggung jawab dan akuntabilitas  dari masing-masing dari masing-masing pekerjaan yang ada dalam struktur.
              Analisis pekerjaan diawali dengan melakukan job study, yaitu mempelajari tugas, proses kerja, tanggungjawab dan persyaratan personal yang dibutuhkan oleh suatu pekerjaan. Hasil analisis tersebut dituangkan ke dalam bentuk desain pekerjaan, yang kemudian dapat diilustrasikan melalui bagan struktur organisasi.
              Untuk mendapatkan pengertian yang lebih jelas tentang analisis pekerjaan, dibawah ini ada beberapa ahli manajemen mengemukakan pengertian mengenai analisis pekerjaan :
  1. Gary Dessler (1995: 85) Memberikan definisi mengenai analisa pekerjaan sebagai berikut : Analisis pekerjaan adalah merupakan prosedur untuk menentukan tugas-tugas dan hakekat pekerjaan serta jenis orang (berkaitan dengan ketrampilan dan pengalaman) yang perlu diangkat untuk melaksanakannya. 
  2. Analisis Pekerjaan adalah Suatu kegiatan mempelajari, mengumpulkan dan mencatat keterangan-keterangan atau fakta-fakta yang berhubungan dengan masing-masing pakerjaan secara sistematis dan teratur Drs. Moekijat (1978:57) 
  3. Analisis pekerjaan secara sistematik mengumpulkan , mengevaluasi dan mengorganisasi informasi tentang pekerjaan-pekerjaan. T. Hani Handoko ( 2008:32)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut