Label

Jumat, 21 Januari 2011

Saluran Distribusi



Distribusi merupakan bagian terpenting dalam perusahan. Kebanayakan perusahan lebih memfokuskan terhadap produksi barang-barang dari pada menjualnya secara menguntungkan atau menyebar barang-barang tersebut agar sampai ketangan konsumen. Setiap perusahaan barang dan jasa tidak akan terlepas dari masalah penyaluran barang yang dihasilkan atau barang yang akan di jual ke masyarakat. Para produsen berhak menentukan kebijaksanaan distribusi yang akan dipilih dan di sesuaikan dengan jenis barang serta luasnya armada penjualan yang akan digunakan
Distribusi adalah suatu jalur yang dilalui oleh arus barang-barang dari produsen ke perantara akhirnya sampai kepada konsumen (pemakai). (Revzan, Angipora, 2002:295). Untuk mempelancar arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen, maka salah satu faktor yang penting yang harus diperhatikan adalah jalur yang dilalui produk, mulai dari produksi sampai ketangan konsumen akhir melalui barang dan jasa yang hasilkan oleh perusahaan. 
Menurut Walter dalam Angipora (2002:296), mendefinisiskan saluran distribusi adalah sekelompok perdagang atau agen perusahaan yang mengkombinasikan antara pemindahan fisik dan nama dari suatu produk untuk menciptakan kegunaan pasar tertentu. Podusen atau pelanggan akhir merupakan bagian dari tiap saluran. Dimana akan mengunakan jumlah saluran level perantara untuk menentukan panjang suatu saluran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut