Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba. Menurut Swasta dan Handoko (2001 ; 23) arti pemasaran sering dikatakan dengan pengertian : Penjualan, perdagangan dan distribusi Padahal istilah-istilah tersebut hanya merupakan satu bagian dari kegiatan pemasaran secara keseluruhan. Proses pemasaran dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi dan proses pemasaran tidak berhenti setelah barang terjual.
Defenisi pemasaran yang dikemukakan oleh Willian J.Stantin sebagai berikut: (2000 ; 3)
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan menstribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada manpun pembeli potensial.
Dari defenisi diatas dapatlah diterangkan bahwa arti pemasaran adalah jauh lebih luas dari pada arti penjualan. Pemasaran mencakup usaha perusahaan yang dimulai dengan mendefinisikan kebutuhan konsumen yang perlu dipuaskan, menentukan produk yang hendak diproduksi yang sesuai, menentukan cara-cara produksi dan penyaluran atau penjualan produk tersebut jadi, kegiatan pemasaran adalah kegiatan-kegiatan yang saling berhubung sebagai suatu sistem. Sedangkan menurut Philip Kotler (2000:5), pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
Jadi secara garis besar dapat diambil kesimpulan bahwa pemasaran merupakan suatu tindakan yang perlu dilakukan dalam usaha meningkatkan hasil yang diinginkan suatu perusahaan melalui beberapa cara seperti penetapan produk, penentuan harga, penyaluran produk dan cara lain yang berhubungan dengan pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar