Label

Jumat, 21 Januari 2011

Pengertian Distribusi



Salah satu unsur peralatan marketing mix yang lain adalah tempat yang kegiatan operasionalnya lebih dikenal dengan sebutan distribusi. Basu (2000: 17) mengemukakan definisi distribusi adalah yang dipergunakan untuk menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. David dalam Basu (2000 : 17), mengatakan bahwa distribusi adalah saluran yang merupakan suatu jalur yang dilalui oleh arus barang dari produsen ke perantara dan akhirnya samapai pada pemakai. Sementara itu Gleen dalam Irawan (2000 : 23) mengemukakan bahwa salurasan distribusi adalah sekelompok pedagang dan agen perusahaan yang mengkombinasikan antara pemindahan fisik dan nama dari suatu produk untuk menciptakan kegunaan bagi pasar tertentu. 
Jadi saluran distribusi merupakan lembaga-lembaga yang mengadakan kerja sama untuk memindahkan produk dari lingkungan produksi ke lingkungan konsumsi sehingga mencapai tujuan pemasaran, yaitu memberikan kepuasan kepada pasar atau konsumen akhir pada tingkat harga tertentu. Basu (2000; 20) mengemukakan penegratian tentang distribusi ini yaitu : distribusi adalah saluran yang dipergunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang dari prdusen ke konsumen atau pemakai industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut