Label

Kamis, 20 Januari 2011

Pengertian Produktivitas Kerja


Filosofi dan spirit tentang produktivitas sudah ada sejak awal peradaban manusia karena makna produktivitas adalah keinginan (the will) dan upaya (the effort) manusia untuk selalu meningkatkan kualitas dan penghidupan di segala bidang. Menurut Dewan Produktivitas Nasional faktor yang mempengaruhi produktivitas antara lain pendidikan, disiplin kerja, keterampilan, sikap dan etika kerja, motivasi, manajemen, tingkat penghasilan, gizi dan kesehatan, jaminan sosial lingkungan dan iklim kerja, sarana produksi, teknologi, kesempatan berprestasi.
Produktivitas tenaga kerja adalah salah satu ukuran perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sumber daya manusia merupakan elemen yang paling strategik dalam organisasi, harus diakui dan diterima oleh manajemen. Peningkatan produktivitas kerja hanya mungkin dilakukan oleh manusia (Siagian, 2002, p.2).  Pengukuran produktivitas tenaga kerja merupakan sesuatu yang menarik, sebab mengukur hasil-hasil tenaga kerja manusia dengan segala masalah-masalah yang bervariasi. Menurut Muchdarsyah (2003:25) pengukuran produktivitas tenaga kerja dapat dicari dengan rumus :

Produktivitas Kerja =      Hasil dalam jam (standar waktu)
                                    Masukan dalam jam (standar waktu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut